Wednesday 20 March 2013

Curiosity Mars


detail berita



CALIFORNIA - Sebuah foto berhasil ditangkap NASA Curiosity di Mars. Menunjukkan sebuah gunung besar bernama Mountain Sharp, robot penjelajah planet merah ini mengabadikan objek Mars tersebut melalui bantuan Mast Camera (Mastcam).

Dilansir Wired, (18/3/2013), foto panorama gunung Sharp di Mars ini memiliki resolusi lebar 15 ribupixel. Gunung Sharp juga disebut Aeolis Mons, yang merupakan gundukan berlapis di pusat Mars Gale Crater.

Gunung ini lebih tinggi sekira 3 mil (5 kilometer) di atas lantai kawah Mars. Curiosity diketahui telah bekerja untuk menemukan tanda kehidupan sejak mendarat pada Agustus tahun lalu.

Lereng yang lebih rendah dari gunung Sharp ini adalah tujuan utama dari misi Curiosity senilai USD2,6 miliar tersebut. Robot berpenggerak enam buah roda ini juga menghabiskan selama berminggu-minggu untuk meneliti di sekitar lokasi bernama Yellowknife Bay, yang diyakini sebagai area yang menguntungkan bagi kehidupan mikroba di Mars.

Foto Mars ini diambil Curiosity selama misi Mars di hari ke-45 (20 September 2012). Langit Mars seperti yang terlihat di foto, menunjukkan ekstrapolasi (perluasan) warna  dan informasi kecerahan yang ditangkap Curiosity dari permukaan Mars.

Mastcam yang ditanamkan pada Curiosity dibangun dan dioperasikan oleh Malin Space Science Systems, San Diego. Informasi yang beredar beberapa waktu sebelumnya menyebutkan bahwa

No comments:

Post a Comment